Friday, October 19, 2012

Sosial Networking bagi Perusahaan


Sosial Networking bagi Perusahaan
          Sosial Networking merupakan web yang digunakan sebagai media interaksi sosial dengan jaringan pertemanan yang dapat ditambahkan dalam account. Saat ini Sosial Networking sangat banyak seperti Facebook, Twitter dll. Sosial Networking telah menjadi wadah untuk bertukar pikiran secara langsung dan cepat. Perusahaan mengambil peluang ini untuk kepentingan bisnis mereka untuk mendapatkan informasi tentang komentar dan pendapat konsumen. Umpan balik dari konsumen berupa keinginan-keinginan dan harapan akan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat menganalisa informasi-informasi mengenai pola konsumen yang mungkin belum pernah terpikirkan.
          Tindak lanjut dari perusahaan dengan menyebarkan informasi tentang produk atau jasa dan melakukan inovasi- inovasi sehingga tercapai kepuasan konsumen. Image perusahaan di mata konsumen dapat menjadi baik jika perusahaan peduli dan memahami kebutuhan mereka. Sebaliknya image perusahaan juga dapat menjadi buruk jika salah menempatkan diri. Perusahaan juga dapat mengadakan lomba maupun promosi melalui sosial networking yang disebut dengan marketing strategi. Konsumen akan menjadi loyal dan terpengaruh untuk mengikuti serangkaian lomba tersebut. Semakin banyak konsumen yang berpartisipasi maka brand awareness perusahaan semakin kuat. Perusahaan – perusahaan besar akan merawat akun jejaring sosial mereka untuk menjaga brand image. Dengan brand yang kuat , perusahaan akan sulit disaingi kompetitor.
          Penggunaan jejaring sosial tersebut bukan hanya untuk berhubungan dengan konsumen saja. Perusahaan juga dapat menjalin hubungan dengan mitra bisnis juga. Mitra bisnis akan lebih percaya setelah membaca akun sosial dengan komentar-komentar dari user lain. . Konsep hubungan yang terjalin dari keberhasilan sosial media akan diadopsi oleh perusahaan sebagai strategi bisnis.
Cara menggunakan media sosial untuk perusahaan:
-         Sediakan konten yang mengandung informasi yang relevan tentang bisnis Anda. Misalnya informasi diskon maupun promosi.
-         Berinteraksi dengan para user platform sosial media karena akan membuat pare user merasa dihargai.
-         Informasikan tentang program berhadiah langsung kepada konsumen untuk mempromosikan bisnis Anda.

          Sosial media akan menjadi tempat investasi yang menghasilkan ROI besar dengan mengeluarkan sedikit investasi. Perusahaan akan memanfaatkannya untuk mengetahui sejauh mana masyarakat mengerti kebijakan yang diambil dan sejauh mana pemasaran berhasil.

Sumber:
http://tekno.kompas.com/read/2012/01/17/09103022/Lima.Tren.Sosial.Media.Tahun.2012

No comments:

Post a Comment