Sosial Networking bagi Perusahaan
Sosial
Networking merupakan web yang digunakan sebagai media interaksi sosial dengan
jaringan pertemanan yang dapat ditambahkan dalam account. Saat ini Sosial
Networking sangat banyak seperti Facebook, Twitter dll. Sosial Networking telah
menjadi wadah untuk bertukar pikiran secara langsung dan cepat. Perusahaan mengambil
peluang ini untuk kepentingan bisnis mereka untuk mendapatkan informasi tentang
komentar dan pendapat konsumen. Umpan balik dari konsumen berupa keinginan-keinginan
dan harapan akan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Dengan demikian,
perusahaan dapat menganalisa informasi-informasi mengenai pola konsumen yang
mungkin belum pernah terpikirkan.
Tindak
lanjut dari perusahaan dengan menyebarkan informasi tentang produk atau jasa
dan melakukan inovasi- inovasi sehingga tercapai kepuasan konsumen. Image
perusahaan di mata konsumen dapat menjadi baik jika perusahaan peduli dan
memahami kebutuhan mereka. Sebaliknya image perusahaan juga dapat menjadi buruk
jika salah menempatkan diri. Perusahaan juga dapat mengadakan lomba maupun
promosi melalui sosial networking yang disebut dengan marketing strategi.
Konsumen akan menjadi loyal dan terpengaruh untuk mengikuti serangkaian lomba
tersebut. Semakin banyak konsumen yang berpartisipasi maka brand awareness
perusahaan semakin kuat. Perusahaan – perusahaan besar akan merawat akun
jejaring sosial mereka untuk menjaga brand image. Dengan brand yang kuat ,
perusahaan akan sulit disaingi kompetitor.
Penggunaan
jejaring sosial tersebut bukan hanya untuk berhubungan dengan konsumen saja.
Perusahaan juga dapat menjalin hubungan dengan mitra bisnis juga. Mitra bisnis akan lebih percaya setelah
membaca akun sosial dengan komentar-komentar dari user lain. . Konsep hubungan yang terjalin dari
keberhasilan sosial media akan diadopsi oleh perusahaan sebagai strategi
bisnis.
Cara menggunakan media sosial untuk perusahaan:
-
Sediakan
konten yang mengandung informasi yang relevan tentang bisnis Anda. Misalnya
informasi diskon maupun promosi.
-
Berinteraksi
dengan para user platform sosial media karena akan membuat pare user merasa
dihargai.
-
Informasikan
tentang program berhadiah langsung kepada konsumen untuk mempromosikan bisnis
Anda.
Sosial media akan menjadi tempat investasi yang
menghasilkan ROI besar dengan mengeluarkan sedikit investasi. Perusahaan
akan memanfaatkannya untuk mengetahui sejauh mana masyarakat mengerti kebijakan
yang diambil dan sejauh mana pemasaran berhasil.
Sumber:
http://tekno.kompas.com/read/2012/01/17/09103022/Lima.Tren.Sosial.Media.Tahun.2012
No comments:
Post a Comment